Hidayah

 

Hidayah
-------------
Hidayah (petunjuk) adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita mohonkan kehadirat Allah SWT. Rasulullah pun, yang sudah dijamin masuk surga masih senantiasa mohon petunjuk disetiap doa beliau. Sudah banyak contoh dari orang-orang yang semula adalah orang alim, ahli ibadah, ahli jihad bahkan hafal Al Qur'an akan tetapi berakhir dengan su'ul khatimah karena dicabut hidayah dalam dada mereka.
Itulah tema khotbah Idul Fitri 1440 H di Stadion Gelora Brantas Kota Wisata Batu pagi ini.
Orang-orang alim yang bahkan hidup di jaman Nabi mengalami pencabutan hidayah ini. Salah satunya adalah Ar Rajal bin Ufuwah seorang sahabat yang hafal Qur'an dan ahli ibadah akan tetapi kemudian membelot mengikuti nabi palsu Al Kazab yang semula akan di dakwahi agar dia kembali ke jalan Allah dan Rasulullah Muhammad SAW. alih-alih bisa menyadarkan nabi palsu itu, justru Ar Rajal lah yang akhirnya terpengaruh oleh Al Kazab dan kemudian justru berbalik mengikuti ajarannya dan murtad dari Islam. Dan Ar Rajal pun tewas dalam keadaan hidayah tercerabut dari dalam dadanya ketika bertempur dengan pasukan Islam. Masih ada contoh beberapa orang lagi sahabat di jaman nabi yang diangkat oleh khatib, ada seorang panglima perang yang sudah malang melintang melawan orang kafir, ada seorang muadzin yang hafal Qur'an dengan fasih, mereka murtad hanya karena godaan wanita, runtuh benteng iman mereka disebabkan karena godaan wanita. Dan masih banyak lagi contoh orang yang semula alim namun dipenghujung usianya mereka mati dalam keadaan su'ul khtimah, tercabut hidayah dalam dadanya.
Itulah sebabnya mengapa kita harus selalu berdoa utuk selalu ditetapkan iman, agar senantiasa secara berkesinambungan tidak dicabut nya petunjuk dari dalam dada, sehingga ketika mengakhiri hidup ini sebagai akhir yang khusnul khatimah.
Salah satu do'a Rasulullah :"Allahuma inna nas'alukal huda watuqa' wal affafa wal ghina"
A m i n , ya Rabbal 'alamin.
Selamat Idul Fitri 1440 H.
"Taqabbalallahu minna wa minkum"
Mohon maaf lahir batin
@
Bambang Efendi
/ KWB (1 syawal 1440 H)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)