kelas 3 (KM)

 Assalamu'alaikum wr wb.

- Anak-anak, sebagai Pelajar SD Muhammadiyah kalian adalah anggota dari IPM.

- Apa itu IPM ? IPM adalah singkatan dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

- Selain sebagai anggota IPM, kalian juga sebagai anggota HW, karena kalian dilatih kepanduan yang namanya Hizbul Wathan disingkat HW.

- Kalian juga anggota Tapak Suci, karena disekolah ini kalian dilatih olah raga seni bela pencak silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah yang disingkat dengan TS.

Nah, disitulah kalian bisa melaksanakan amar makruf nahi munkar seperti pelajaran yang lalu.

Contohnya kalau di HW, disitu kalian diajar cara menolong orang yang sakit, orang yang lagi kena musibah dll. Itu nanti akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Di Tapak Suci kalian diajari cara membela diri juga menolong orang lain. Ketika itu kalan lakukan didalam kehidupan sehar-hari, maka itulah namanya "amar makruf nahi munkar".

Coba sekarang kalian ingat-ingat lagi, kalan sering mengucapkan kata-kata : "Menegakkan ajaran Agama Islam", kalian juga sering mengucapkan kata-kata : "Gemar beramal dan menolong sesama". Masih ada lagi kata-kata yang sering kalian ucapkan di sekolah, yaitu : 'Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru''.

Ucapan-ucapan diatas adalah pada "Janji Pelajar Muhammadiyah". Sekarang coba kalian ucapkan lagi secara berurutan sebagaimana ketika kita ucapkan bersama di kelas !

Satu lagi, coba kalian buka Al Qur'an dan baca Surat Al Qalam (yaitu surat nomor 68) ayat 1 dan tuliskan dibuku dengan terjemahan nya sekali.

Selamat belajar, jangan lupa shalat dan berdo'a. semoga kalian beserta keluarga senantiasa di rahmati oleh Allah SWT, A m i n.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)