Kelas 4 (KM)

 Assalamu;alaikum wr wb.

- Anak-anak sekalian pelajaran lalu kita membahas tentang IPM dan juga Mars IPM, apa kalian sudah hafal lagunya ?

- Sekarang coba kalian buka Al Qur'an Surat Al Qalam (QS. 68) ayat satu, dibaca setelah itu ditulis dibuku sekalian dengan artinya (ayat 1 saja, pendek)

- QS Al Qalam tersebut dijadikan Semboyan/motto IPM

- Jika di Tapak Suci semboyan/mottonya adalah : "Dengan iman dan akhlaq aku menjadi kuat, tanpa iman dan akhlaq aku menjadi lemah"

- Yang perlu kalian perhatikan adalah, kalian dilatih Tapak Suci itu bukan sekedar untuk adu kekuatan apalagi untuk sombong dan bertengkar, tidak.

- Tapak Suci itu adalah seni bela diri, jenisnya Pencak Silat. Karena seni maka jurus-jurus yang kalian pelajari namanya saja kan indah seperti misalnya mawar mekar dll.

- Makanya setelah nanti kalian mahir bela diri di Tapak Suci, gunanua adalah untuk kebaikan dan saling tolong menolong dan juga untuk beramal, sebagaimana kalau kalian ikrarkan Janji Pelajar Muhammadiayah yang berbunyi "gemar beramal dan menolong sesama"

- Coba kalian baca lagi doa jika kalian memulai berlatih Tapak Suci, masih ingat kan : "Radhitubillah hirabba, wabil Islami dinan, wabi Muhammadin nabiya warasula. Rabbi zidni ilma war zuqni fahma" a m i n.

- Selanjutnya, coba kalian jawab pertanyaan di bawah ini :

1. Tahukah kalian kalimat ini ada di mana ?
     a.  "Terampil berilmu, berakhlaq mulia"
     b. "Hormat dan patuh kepada orang tua dam guru"
2. Apa kepanjanga IPM ?
3. Apa kepanjangan HW ?

- Cukup disini dulu, selamat belajar dan jangan lupa shalat serta senantiasa berdo'a terutama untuk kedua orangtuamu. Semoga Allah senantiasa merahmati kalian dan keluarga. A m i n.

- Assalamu'alaikum wr wb


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)