Kelas 5 (KM)

Assalamu'alaikum wr wb.

- Anak-anak mari kembali belajar ke Muhammadiyahan. Kita sudah mempelajari tentang AUM. Apa AUM itu ? masihingatkah kalian.

- Sekarang kita coba untuk belajar tentang struktur organisasi Muhammadiyah.Coba kalian perhatikan ini :

- Pimpinan yang tertinggi disebut Pimpinan Pusat Muhammadiyah disingkat PP Muhammadiyah. Ini berkedudukan di Jakarta dan Yogyakarta (kantornya juga ada di 2 tempat itu)

- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah disingkat PWM, ini adalah kepemimpinan ditingkat Propinsi yang ada disemua Propinsi di Indonesia.

- Pimpinan Daerah Muhammadiyah disingkat dengan PDM, yaitu Pimpinan yang ada di tingkat Kota/Kabupaten yang ada.

- Pimpinan Cabang Muhammadiyah disingkat PCM, kepemimpinan ini berada di wilayah Kecamatan.

- Pimpinan Ranting Muhammadiyah disingkat PRM, ini adalah tingkat kepemimpinan yang paling bawah di Muhammadiyah. Berada di tingkat Desa/Kelurahan.

- Masih ada 1 lagi, yaitu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah disingkat dengan PCIM, ini adalah kepemimpinan Muhammadiyah yang ada diluar Negeri. Jadi Muhammadiyah juga ada yang di luar negeri.

- PCIM Mesir, PCIM Malaysia, PCM Perancis, PCIM Hongkong dan lain-lain adalah contoh Pimpinan Muhammadiyah yang ada di luar Negeri.

- Walaupun Istilahnya Pimpinan Cabang, tapi PCIM ini kedudukannya sejajar dengan PWM yang ada di Indonesia. Jadi Pertanggung jawabannya lansung ke PP Muhammadiyah.

- Sebagai contoh Sekolah kita ini SD Muhammadiyah 03 Tumpang. Sekolah kita ini berkedudukan di PRM Jago (artinya ada di dusun Jago), masuk PCM Tumpang (karena ada di Kecamatan Tumpang), di PDM Kabupaten Malang, PWM Jawa Timur.

- Itulah anak-anak struktur kepemimpinan Muhammadiyah, nah sekarang untuk mengingat lagi coba kalian mengucapkan ikrar Janji Pelajar Muhammadiyah, tapi jangan hanya di ucapkan saja camkan setiap kata yang ada ditiap-tiap butir kalimatnya.

- Agar tidak lupa, juga coba kalian tulis lagi Qur'an Surat Ali Imran (QS. 3) ayat 104 yang dijadikan sebagai landasan perjuangan Muhammadiyah.

- Sampai disini dulu pada kesempatan lain kita sambung lagi, selamat belajar dan jangan sampai meninggalkan shalat dan senantiasa berdo'a utamanya doa untuk kedua orang tua kalian. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati kalian dan keluarga semua. A m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)