Kelas 6 (KM)

 Assalamu'alaikum wr wb.

- Anak-anak sekalian coba siapa diantara kalian yang mengenal foto di bawah ini ?

- Beliaulah pendiri Muhammadiyah, namanya KH. Ahmad Dahlan

- Banyak sekali tokoh-tokoh Muhammadiyah yang juga menjadi orang penting di Indonesia ini, sejak jaman penjajahan hingga kemerdekaan dan sampai sekarang ini. Jika kalian sering mendengar nama-nama seperti Prof. Dien Samsudin, Prof. Amin Rais, mereka adalah tokoh-tokoh yang masih aktif sampai saat ini. Mereka juga mantan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, juga masih ada buya Safi'i Ma'arif dll.

- Kalian tau Jendral Soedirman ? beliau adalah bapak TNI (orang yang mendirikan Tentara Nasional Indonesia), walau kemana saja beliau selalu ditandu karena sakit ginjal, tapi beliau tetap gigih berjuang melawan penjajah, dan setelah merdeka beliau mendirikan korp tentara yang sekarang namanya TNI.

- Itulah beberapa tokoh yang perlu kalian ketahui karena jasa-jasa beliau besar sekali untuk bangsa dan negeri (Indonesia) ini. Masih banyak lagi tokoh-tokoh di Indonesia ini yang berasl dari Muhammadiyah, kalian bisa mencari yang lainnya.

- Sebagai bahan tugas kalian, coba jawab pertanyaan ndi bawah ini :

1. Siapakah Ketua Muhammadiyah sekarang ini ?
2. Tahukah kalian siapa Bung Karno itu ? Beliau juga orang Muhammadiyah yang menjadi orang penting di Indonesia.
3. Sekarang ini di Indonesia dikatakan era Reformasi, dulu ada Orde Lama pada jamannya Bung Karno, lalu Orde Baru pada jamannya Presiden Suharto, dan sekarang Orde Reformasi. Siapakah tokoh Muhammadiyah yang mendapat julukan Bapak Reformasi ?

- Itu dulu anak-anak, kita sambung lagi pada kesempatan lain. Selamat belajar, jangan lupa shalat dan berdo'a kehadirat Allah SWT, khususnya doa untuk kedua orang tua kalian. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati kalian semua beserta keluarga. A m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb.   
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)