Kelas 3 (KM/HW)

Assalamu'alaikum wr wb,


- Anak-anak, diatas adalah lagu HW (Hizbul Wathan), coba kalian pehatkan baik-baik kalimat demi kalimat yang ada, dibaris ke 10 dan ke 11 tertulis : "Punya haluan sedikit bicara banyak bekerja"

- Kaian sebagai murid SD Muhammadiyah yang berarti juga sebagai Pandu HW, maka sudah seharusnya kalian tidak banyak bicara, akan tetapi lebih banyak bekerja.

- Misalnya dikelas, kalianlebih senang menulis dan memperhatikan apa yang diajarkan ibu/bapak guru serta mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dari pada banyak bicara dengan temen apalagi banyak bergurau, karena itu akan merugikan.

- Nah, mulai sekarang mari kita berlatih untuk lebih banyak bekerja dari pada bicara, boleh bicara tapi seperlunya saja, misalnya bertanya tentang apa yang sedang dipelajari dikelas, sangat boleh sekali, dialog atau berbicara dengan ibu/bapak guru itu penting sekali. 

- Janganlah malu untuk bertanya atau mengemukakan pendapat, jangan malu ketika diminta menjawab pertanyaan ibu/bapak guru.

- Selanjutnya sebagai latihan, coba kalian jawab pertanyaan dibawah :

1. Apa kepanjangan dari HW ?

2. Apa haluan dari HW ?

3. Apa akibatnya kalau orang banyak bicara ?

- Itulah pelajaran kita kali ini, selamat belajar, jangan lupa shalat dan berdo'a agar senantiasa kalian dan keluarga mendapatkan rahmat Allah SWT. A m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb

_____________

Bambang Efendi HW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)