Kelas 3 (KM/Janji Pelajar)

Assalamu'alaikum wr wb


- Anak-anak sekalian didalam "Janji Pelajar Muhammadiyah", nomer 1 dikatakan :
Berjuang menegakkan ajaran Islam. Kunci utama tegaknya Islam adalah "Shalat". As shalatu imaduddin (shalat adalah tiang agama). Oleh karena itu janganlah sekali-sekali kalian meninggalkan shalat 5 waktu. Jika kalian sudah berjanji untuk menegakkan Islam, maka yang pertama harus kalian jaga adalah shalat.

- Yang nomer 2 adalah : Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru. Menghormati dan mematuhi orang tua adalah yang utama, terlebih kepada ibu yang melahirkan dan mengasuh sejak lahir sehingga ada ungkapan "Surga beada ditelapak kaki ibu". Jangan sekali-kali berkata "ah" pada ibu/ayah mu. 

- Yang ke 3 : Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Ketahuilah bahwa dengan ilmu itu kita bisa mengetahui berbagai hal. Maka agar jangan sampai kita tidak salah jalan harus berilmu, dan orang yang berilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Masih ingatkah kalian ada pepatah mengatakan : "carilah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat (mati)". Banyak sekali pepatah tentang ilmu, coba kalian ingat-ingat lagi yang lain !.

-Yang ke 4 : Bekerja keras, mandiri dan berprestasi. Sebagai pelajar Muhammadiyah kalian harus bisa menunjukkan bahwa kalian adalah anak yang mempunyai prestasi, dibidang apa saja sesuai dengan apa yang kalian bisa, yang senang olah raga ya harus serius, yang senang menggambar/melukiis ya harus fokus, yang senang sains, kerajian, kesenian dan yang lain-lain. Tunjukkan bahwa kalian bisa.

- Yang ke 5 adalah : Rela berkorban dan menolong sesama. Berkorban demi menolong sesama adalah wujud ibadah yang sangat tinggi nilainya karena ini adalah bentuk dari hubungan antar manusia (hablu minan nas). Setelah hablu min Allah (hubungan ke Allah) lalu hablu minan nas (hubungan antar sesama manusia)

- Dan yang terakhir adalah : Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa. Sebagai generasi penerus, kalian adalah harapan orang tua dan masyarakat, jika kelak sudah dewasa kalian harus bisa meneruskan kelangsungan hidup bermasyarakat dan bernegara. Jadilah kelak sebagai pemimpin-pemimpin dalam kehidupan ini, dimanapun kalian berada tampilah sebagai pelopor dan pelangsung dalam semua bidang baik didalam masyarakat ataupun dinegeri ini.

- Itulah anak-anak ku sekalian, sebagai tugas, carilah pepatah-pepatah yang berkaitan dengan ilmu. Selamatr belajar, jangan lupa shalat dan berdo'a. Semoga Allah senantiasa merahmati, a m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb.

_________

Bambang Efendi HW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)