Kelas 4 (KM/HW)

 Assalamu'alaikum wr wb.


- Anak-anak, coba kalian perhatkan kalimat demi lalimat dalam lagu HW diatas, baris ke 7 dan ke 8 disitu dikatakan "Menjalankan kewajiban dengan sopan serta perwira"

- Sebagai murid sekolah, apa kewajiban utama kalian ? ya, tentunya adalah belajar. Belajar dengan giat, tekun dan bersungguh-sungguh. Bermain juga tidak dilarang tapi tidak boleh berlebihan sehingga melupakan kewajiban utama belajar. Banyak sekali permainan yang bisa digunakan untuk sambil belajar, kalau yang ini menjadi penting.

- Di Pandu HW itu banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan sambil bermain, dan dalam bermain itu juga belajar banyak hal, misalnya, ketika bermain simulasi menolang orang yang kecelakaan atau yulangnya patah. belajar tali-temali, belajar pengobatan dengan P 3K dan lain-lainnya itu banyak dilakukan sambil bermain.

- Kewajiban harus dilakukan dengan sopan dan perwira, artinya walaupun dengan bemain harus tetap sopan, makanya disana juga diajari sopan santun kepada yang lebih tua (senior) kepada teman dsb. Perwira maksudnya adalah berani bertangung jawab denganapa saja yang dilakukan.

- Di HW kalian juga dilatih bergotong royong dan bekerja sama dengan kelompok atau regu, juga antar regu. Itulah sebabnya di sekolah Muhammadiyah ini perlu di bina kepanduan yang wadahnya disebut HW (Hizbul Wathan).

- Sebagai latihan, coba jawab soal dibawah ini !

1. Apa yang dimaksud Perwira ?

2. Selain menolong sesama, apa saja yang dilatih dalam HW ?

3. Sikap apa saja yang harus dimiliki oleh HW ?

- Selamat belajar, jangan lupa menjalankan shalat terutama yang 5 waktu dan terus berdo'a agar kalian dan keluarga senantiasa dirahmati oleh Allah SWT. A m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb

_______________

Bambang Eendi HW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)