Kelas 4 (KM/HW)

 Assalamu'alaikum wr wb.

- Anak-anak, setelah pelajaran yang lalu kita bahas lagu HW, sekarang coba diantara kalian siapakah yang tahu seorang tokoh penting di Indonesis yang juga kader HW ?

- Ya, HW yang didirikan pada tahun 1336 Hijriyah atau tahun 1918 Masehi adalah atas prakarsa KH. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), tetapi dikemudian hari ada seorang tokoh yang sangat penting setelah HW itu berdiri, yaitu seorang anak yang masih muda belia seorang guru disekolah Muhammadiyah dan ketika terjadi revolusi merebut kemerdekaan Indonesia tokoh muda ini memimpin perang gerilya melawan penjajah.

- Dari seorang guru lalu menjadi seorang panglima perang gerilya melawan penjajah dengan selalu ditandu oleh para ajudannya karena beliau menderita sakit. Namun walau dalam kondisi sakit pemuda ini tetap semangat untuk berjuang agar Indonesia bisa bebas dari penjajah dan memperoleh kemerdekaan.


- Kenalkah kalian dengan foto diatas ? Beliau itu setelah Indonesia merdeka menjadi Panglima pertama TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang sebelumnya bernama TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Beliau dijuluki dengan bapak TNI

- Beliau itulah seorang kader HW (Hizbul Wathan).Seorang guru sekolah Muhammadiyah yang menjadi bapak TNI. Beliau adalah salah seorang Pahlawan Revolusi.

- Selanjutnya, sebagai latihan, coba kalian cari tahu siapa tokoh dalam foto diatas !

- Setiap tanggal berapa dan bulan apa diperingati sebagai hari TNI ?

- Selamat belajar, jangan lupa shalat dan terus berdo'a agar kalian beserta keluarga senantiasa mendapatkan rahmat Allah SWT. A m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb.

__________

Bambang Efendi HW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)