Kelas 4 (KM/ilmu)

Assalamu'alaikum wr wb.


- Anak-anak ku, didalam syair lagu IPM ada kalimat : "terampil, berilmu, barakhlaq mulia". Sebagai pelajar tentu saja kalian harus memahami kalimat ini, karena kalian berada disekolah ini adalah dalam rangka mencari ilmu. Ilmu apa saja sebagai bekal kehidupan bagi kalian. Oleh karena itu jika kalian sungguh-sungguh maka diharapkan kalian menjadi orang yang terampil, dan yang lebih penting lagi kalian menjadi orang yang berakhlaq mulia (akhlaqul karimah).

- Dalam logo/lambang IPM digambarkan dengan pena dan kitab (buku), itu adalah lambang ilmu. Kalian harus tahu bahwa Allah berjanji akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu (QS Al Mujadallah/58 ayat 11).

- Selanjutnya semboyan/slogan/motto IPM dikatakan : "Nun, wal qalami wama yasturun" yang artinya Nun, dan demi pena dan apa saja yang ditulisnya. Slogan ini diambil dari Al Qur'an Surat Al Qalam/52 ayat 1.

- Jadi memang ilmu itu mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam agama, makanya kalian harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu sebagaiman yang kalian ucapkan dalam janji pelajar Muhammadiyah.

- Misalnya jika kalian suka main bola, maka kalian juga harus tahu ilmunya tentang permainan sepak bola, begitu juga jika kalian senang main musik, kalian juaga harus punya bilmunya, musik apa yang kalian mainkan, semua harus ada ilmunya, kesenian, ketrampilan apalagi bidang sains semua butuh ilmu. Nah jika ilmunya sudah dimiliki maka akan menjadi mudah.

- Sebagai tugas, coba kalian tulis pada buku kalian QS Al Qalam ayat 1 tadi dengan huruf arab yang indah, bila perlu dengan bentuk kaligrafi, kan hanya pendek saja ayatnya, lalu dibawahnya ditulis artinya, boleh juga diwarna atau di kertas gambar. Silahkan mencoba ! Jika sudah difoto lalu kirimkan melalui wa ke wali kelasmu.

- Selamat belajar, jangan lupa shalat dan berdo'a. Semoga Allah senantiasa merahmati, a m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb.

_____________

Bambang Efendi HW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)