Kelas 5 (KM/pengamalan)

 Assalamu'alaikum wr wb

- Anak-anak sekalian, setelah kalian tahu arti tajdid, amar makruf nahi munkar, maka untuk mengamalkannya semampu kalian, seandainya kalian memperingatkan teman kalian yang suka jahil (nakal), itu sudah merupakan nahi munkar, jika kalian mengingatkan untuk segera mengerjakan shalat ketika waktunya sudah tiba, itu adalah amar makruf, apalagi jika mengajak untuk berjamaah shalat, itu bagian dari amar makruf, termasuk mengajak untuk rajin belajar, rajin ngaji dan sebagainya.

- Jadi amar makruf nahi munkar itu bisa dilakukan, kapan saja dan dimana saja, oleh siapa saja. Kalau kita mengaku sebagai umat Islam, maka tidak ada alasan untuk tidak beramar makruf nahi munkar, walau dengan yang paling ringan, misalnya dengan meminggrikan batu yang ada di tengah jalan agar tidak menjadi sandungan.

- Intinya, setiap perbuatan untuk mengajak baik, mengajak yang benar kepada siapapun adalah amar makruf, dan mengingatkan atau mencegah apa saja yang tidak baik, tidak benar atau tidak layak adalah nahi munkar.

- Sebelum mengajak dan mengingatkan orang lain, tentunya diri kita sendiri dulu harus berbuat baik melakukan yang benar serta tidak melakukan kejelekan, keburukan apalagi kejahatan.

- Jadilah kalian pelopor kebaikan, tampilah didepan sebagai contoh kebaikan dan kebenaran, maka insya Allah kalian akan menjadi manusia terbaik dihadapan Allah SWT.

- Sebagai latihan, coba kalian tulis dibuku Qur'an Surat Ali Imran ayat 110, seindah mungkin sekalian dengan artinya ! Setelah selesai kalian kirimkan ke wali murid kalian bisa juga lewat wa..



- Selamat belajar, jangan lupa shalat dan berdo'a. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati, a m i n.

Wassalamu'alaikum wr wb

___________

Bambang Efendi HW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 2 (B. Jawa/angka takeran)

Kelas 3 (B. Jawa)

Kelas 6 (b. Jawa/macapat ll)